KONSTRUKSI IDENTITAS DALAM MEDIA SOSIAL: Suatu Analisa Kritis atas Pengalaman Bermedia di Kalangan Mahasiswa STPAK St. Yohanes Penginjil Ambon
Suatu Analisa Kritis atas Pengalaman Bermedia di Kalangan Mahasiswa STPAK St. Yohanes Penginjil Ambon
Keywords:
Media sosial, presentasi, representasi, identitasAbstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mendalami secara khusus pengalaman
bermedia kebanyakan orang secara khusus anak muda, mahasiswa STPAK
Ambon. Ada 2 hal yang mendasari kegemaran orang menggunakan media,
yakni: untuk mengungkapkan diri kepada public (presentasi diri) dan untuk
memenuhi harapan public (verefikasi diri). Kedua hal ini secara umum
mendasari alasan dibalik kegemaran orang menggunakan media. Hal yang
sering kali tidak disadari adalah makna konstruktif dalam pengalaman
media. Dalam bermedia, sesungguhnya kita sedang ditawarkan sebuah
identitas baru untuk dikonsumsi. Identitas tersebut adalah identitas virtual
yang merupakan konstruksi sosial atas pengalaman kita bermedia.